Postingan

Lebih dari Membaca

Gambar
  Judul               : Rumah Kertas Penulis             : Carlos María Domínguez Penerbit           : Marjin Kiri Kota terbit       : Tangerang Selatan Tahun terbit    : 2016 Tebal halaman : 76 halaman Lama baca       : 2 hari   Pada dasarnya membaca adalah kegiatan yang membosankan. Lu cuma berhadapan dengan kertas yang ditulis, lalu duduk diam dan menghabiskan waktu melahap baris demi baris kata-kata. Belum lagi kalau posisi bacanya ga nyaman, mau duduk tapi pinggang nanti sakit, kalau tiduran mata jadi gampang pegal dan malah bikin ngantuk. Sejatinya membaca adalah pengalaman yang membosankan, sebab setelah membaca, hubungan gw dengan buku yang habis dibaca biasanya “selesai” begitu saja. Buku itu lalu cuma jadi pajangan yang mengendap di rak buku, entah kapan bakal dibuka dan dibaca lagi.   Cuma, salah satu cara gw mensiasati dalam menghadapi “rutinitas” itu ya, dengan menulis resensi di blog ini. Harapannya sih dengan gw nulis blog, bakal banyak pembaca yang k

Membuka Mata untuk Masyarakat Desa

Gambar
  Membuka Mata untuk Masyarakat Desa Judul               : Aib dan Nasib Penulis             : Minanto Penerbit           : Marjin Kiri Kota terbit       : Tangerang Selatan Tahun terbit    : 2020 Tebal halaman : 263 halaman Lama baca       : 3 hari     Membaca buku yang sudah punya embel-embel “pemenang” penghargaan buku tentu bakal menjadi pengalaman yang seru. Meskipun selera orang berbeda, tetapi pasti ada alasan tersendiri bahwa suatu judul bisa membawa pulang titel tersebut. Salah satu ajang kepenulisan yang sering melahirkan judul-judul kece adalah Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta. Sayembara ini tiap tahun selalu memberikan judul-judul unik pemenangnya. Beberapa karya yang dimenangkan pada ajang ini sering tidak terpaku pada format lama kepenulisan novel, dan mempunyai ciri eksperimental yang baru sehingga selalu ada kebaruan dalam membaca judul-judul yang menjadi juara dari sayembara DKJ.   Salah satu jebolan dari sayembara itu adalah novel berju

Pengalaman Memotong Senja Untuk Pacarku

Gambar
    Judul               : Sepotong Senja Untuk Pacarku Penulis             : Seno Gumira Ajidarma Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama Kota terbit       : Jakarta Tahun terbit    : Cetak ulang tahun 2016 Tebal halaman : xii + 208 halaman Lama baca       : 3 hari   “Aku sering memandang senja dan memandang apa saja dari tempat Sukab, tapi aku tidak tahu apakah aku melihat apa yang dipandang Sukab.” Bolong, Halaman 86 “Sepotong Senja Untuk Pacarku” adalah buku Seno Gumira Ajidarma pertama yang gw baca. Cuma, pertemuan gw dengan buku ini bukan di toko buku, melainkan video youtube Abimana Aryasatya yang membacakan salah satu cerpen di buku ini, “Sepotong Senja Untuk Pacarku.” Alhasil gw berandai-andai jadi “mas-mas” dengan deep voice yang maskulin. Cuma apa daya, suara gw lebih lari ke arah cempreng hahaha.   Dari video itulah gw penasaran, apa aja yang ditawarin sama bukunya? Terlebih kalau lihat judul bukunya kan, “wah” banget ya. Bisa juga nih bukuny

Pengalaman Baca Wesel Pos-nya Ratih Kumala

Gambar
  Judul                : Wesel Pos Penulis              : Ratih Kumala Penerbit            : Gramedia Pustaka Utama Kota terbit        : Jakarta Tahun terbit     : 2018 Tebal halaman : 98 Halaman Lama baca        : 2 hari   Awal tahun 2021 gw memutuskan buat berhenti beli buku baru dulu. Selain karena alesan duit, gw ngide-ngide aja pengen coba baca buku gratis, tetapi legal, lewat berbagai cara seperti minjam di perpus, barter buku sama teman, atau lewat aplikasi iPusnas. Jadilah gw sering ke Perpustakaan Nasional, meski kenyataannya di sana malah ngerjain tugas kuliah dan bukan baca buku bebas. Soal iPusnas, di awal libur semester gw asik banget baca buku di sana, cuma apa daya, kuliah sudah jalan lagi jadi bahan bacaan harus dialihkan dari novel dan fiksi jadi modul dan presentasi.   Selain gw yang ngide, kalau gw perhatikan toko buku di Indonesia (terutama yang online ) sering juga ngasih diskon di tanggal-tanggal tertentu, misal di tanggal yang sama dengan bul

Merasakan Gurihnya Kretek Gadis

Gambar
  ·          Judul               : Gadis Kretek ·          Penulis            : Ratih Kumala ·          Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama ·          Kota terbit       : Jakarta ·          Tahun terbit    : 2012 ·          Tebal halaman : 284 Halaman ·          Lama baca       : 2 hari Gw berkenalan dengan Ratih Kumala setelah sebelumnya gw baca Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan, yang ternyata suaminya. Gw langsung ngerti waktu itu kenapa Eka Kurniawan banyak disukai dan disebut-sebut dalam forum-forum sastra di medsos. Gw ga menampik kalau dalam proses baca novel ini gw teringat-ingat sama Eka, suatu hal yang aneh sebab ini bukanlah novel yang ditulis sama dia. Cuma, perkenalan gw dengan Ratih Kumala lewat Gadis Kretek berujung menyenangkan, dan sebagai penulis tentu baik Ratih maupun Eka punya gaya dan ciri khasnya masing-masing.   Pada bagian awal, novel berfokus pada cerita masa muda dari Idroes Moeria, seseorang dari Kota M yang merintis usaha kretek, y

Berpetualang dengan Ikan Julung-Julung

Gambar
  Judul                : Semua Ikan di Langit Penulis             : Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie Penerbit            : Grasindo Tahun               : 2017 Tebal                : 259 halaman Lama baca         : 5 hari   Melanjutkan dari resensi gw kemarin, kali ini gw mau bahas tentang "ikan yang ada di langit".Novel “Semua Ikan di Langit” karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie adalah pemenang pertama dari sayembara novel Dewan Kesenian Jakarta tahun 2016 setelah mengungguli 317 judul naskah lainnya. Novel ini menjadi satu-satunya pemenang pertama pada sayembara tahun 2016, dan menyebabkan tidak ada pemenang kedua dan ketiga akibat perbedaan mutu yang tajam dari “Semua Ikan di Langit” dengan naskah-naskah novel lainnya.   Novel “Semua Ikan di Langit” berkisah tentang tokoh utamanya, Saya, yang ternyata adalah sebuah bus damri jurusan Dipatiukur-Leuwipanjang. Saya, yang setiap hari hanya bekerja, dipertemukan dengan anak kecil dengan ikan julung-julungnya yang m

Ikan-Ikan di Laut

Gambar
  ·                    Judul                : Fish in The Water ·          Penulis             : Lee Chanhyuk ·          Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama ·          Kota terbit       : Jakarta ·         T ahun terbit    : 2021 ·          Tebal halaman : 176 halaman ·          Lama baca       : 4 hari Salah satu musisi favorit gw, Lee Chanhyuk dari grup duet AKMU bukunya diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sama Penerbit Gramedia. Walaupun tadinya gue udah berjanji buat ga beli buku sebelum akhir tahun, alhamdulillah sampe sekarang masih ada kedatangan aja buku dari berbagai sumber (makasih loh buat yang ngasih, sungguh). Apalagi pas tau kalo novel ini mau terbit di Indonesia, wah bimbang nih gw mau beli apa ngga! Fenomena “Koreaan” memang masih santer digilai muda-mudi Indonesia. Tidak hanya lewat lagu dan drama, berbagai buku terjemahan asal Korea pun mulai diminati oleh pembaca tanah air. Sebelumnya publik juga diramaikan oleh buku-buku yang dibaca oleh an