Perkenalan

Halo semua. Kenalin, nama gue Gianluigi Fahrezi. Gue biasa dipanggil Fahrezi, atau Rezi, Gian, Ge, atau sebagainya. Hahaha terserah deh. Sekarang gue sekolah di SMAN 2 Kota Tangerang, kelas 3.
            Ini barangkali tulisan pertama gue, di blog gue sendiri “bukanbukuaku.blogspot.com”
Yayy
            Sebenarnya gue udah punya ide buat nge-blog dari kelas 2 SMA, karena pada saat itu temen-temen gue mulai berusaha ngembangin minat dan bakat masing-masing. Ada yang suka bikin puisi, buka MUA, fokus belajar, dll. Gue pribadi merasa harus punya satu keahlian atau skill yang bikin itu “gue” banget. Dan jadilah, karena gue orangnya suka baca buku jadinya mutusin buat bikin blog aja. Yang tadinya suka baca, sedikit-sedikit mulai coba nulis. Hehe
            Kenapa namanya bukanbukuaku? Yaa karena saat ini gue beli buku, masih belum dari dana pribadi, sih :D. Jadi secara ga langsung semua buku yang gue punya, bukan punya gue pribadi. Mungkin nanti, ada saatnya gue udah bisa beli buku bacaan sendiri, blog ini bakal gue ganti sama bukumiliksaya.com? inibukugue.com? Hahah. Gatau deh
            Isi blognya kebanyakan bakal tentang review buku, sih. Lebih ke analisis gue terhadap buku yang baru gue baca. Maaf kalau nanti isi bukunya kurang dalam, karena status gue juga masih belajar dalam analisa buku, dan karena keterbatasan waktu juga gue mungkin ga terlalu bisa baca referensi/review dari website luar. Kadang baca buku, kalau lagi males bisa satu tahun! Kadang juga kalo lagi mood dan bukunya menarik, 3 hari sampai 1 minggu selesai. Hehehe.. At least gue selalu berusaha nyelesain buku yang gue baca, walaupun sampai saat ini ada beberapa buku yang masih nyisa banyak (Contoh buku biografinya Sutan Sjahrir, tebalnya kurang lebih 800-an halaman)
            Karena gue suka baca biografi orang, mungkin fokus utama bacaan gue bakal kebanyakan kesana. Merembes,deh. Ke sejarah perjuangan Indonesia, karya-karya si Tokoh Biografi, bahkan filsafat-filsafat dasar. Topik topik diatas menurut gue menarik, karena ga dipelajari di sekolah dan temen-temen gue kebanyakan ga menjangkau topik itu (iya lah. Siapa juga yang baca buku filsafat pas mau SBM =_=). Selain itu menurut gue tema seperti itu bisa bikin pikiran gue lebih open, dan memahami konteks-konteks yang sering terjadi di masyarakat sekarang. Terutama di media sosial. Keren aja gitu, ketika lo nemu kutipan-kutipan yang diambil di buku pelajaran lo, tentang sejarah Indonesia yang diambil dari suatu buku/novel sejarah, dan ternyata buku itu udah lu baca full sebelumnya. Hahaha. Kenikmatan hakiki
            Mungkin ada yang beranggapan kalau baca buku sejarah, buku filsafat bikin lu kelihatan “Tua”. Hahahah. Gue no comment deh soal ini. Syukur kalo dari bacaan, itu bisa mematangkan cara berfikir dan pemahaman lo. Masalah muka/fisik yang terlihat lebih tua, sepertinya itu nasib
            Eits. Jangan salah. Gue juga suka baca novel-novel remaja, young adult ataupun teen fiction. Yang tema romance-romance gitu suka juga kok. Maklum, namanya anak muda, butuh asupan juga mengenai romansa dan cinta remaja. Hahahah. Tapi untuk sekarang akhir-akhir ini gue jarang sentuh, tapi lebih sering baca topik itu dari buku-buku puisi. Gue suka karya nya Aan Mansur, Kharisma P Lanang, ataupun Sapardi Djoko Darmono. Karena di dalam puisi, gue bisa bebas menafsirkan makna puisi yang tertulis dengan konteks di kehidupan gue pribadi. Sering banget pas baca itu, tau-tau senyum sendiri atau ngilu sendiri, mungkin karena dirasa ngepas kali, ya
            Itu aja perkenalan gue. Sebagai permulaan, mungkin gue coba rumusin beberapa alasan lo harus baca buku, ya. Buku yang gue maksud ini, buku “Non Pelajaran”. Bukan buku wangsit, Fokus SBM, atau buku paket sekolah ya. Terserah mau itu novel, teks sejarah, puisi, kumpulan cerpen, tema apapun menurut gue harus lo baca. Karena dari buku itu kita bisa tau apa yang ada di luar sekolah. Saat lo baca buku, sementara temen-temen lo diem dan buka insta atau fb, tanpa sadar lo udah jauh berkelana bahkan ke luar dunia
            Menurut gue, saat ini banyak banget masalah “misinformasi”. Kenapa begitu, kalau gue lihat karena anak muda saat ini Cuma punya satu portal akses informasi, yaitu social media. Bagus dong, sekarang semua info bisa di akses dari HP masing-masing. Mulai dari yang sesuai minat, sampai hal nyeleneh bahkan meme meme pun sering banget muncul di timeline
            Tapi justru itu masalahnya. Seringkali gue lihat, portal informasi di sosmed ga bisa menyampaikan informasi secara menyeluruh. Iya lah karena pasti ada batasan kata/huruf di tiap postingan. Dan juga, justru dengan banyaknya informasi yang masuk tiap saat, membuat kita enggan buat crosscheck atau perdalam informasi itu. Iya, sih. Kadang kelihatan kita tahu banyak hal, bahkan diluar pelajaran dari sosmed. Tapi masa Cuma sampai kulitnya aja?
            Dan, lewat buku non pelajaran lo bisa ambil makna-makna di luar kehidupan sekolah lo. Dibanding siklus sekolah, dimana lo sekolah, les, pulang, sekolah, les, pulang, lo bisa keluar dari siklus itu dengan coba mencari buku bacaan untuk menambah wawasan dan topik yang lo mau
            Buat lo yang ga suka baca, Cari deh. Coba-coba aja berbagai tema. Tema kolonial, romance, fiction, action, filsafat, ideologi, apapun itu. Coba cari terus sampai lo nemu tema atau buku yang “Gue” banget
            Karena gue yakin, pasti tiap orang, punya satu buku atau tema yang ketika dia baca, dia akan mulai “terikat” dengan buku itu”
            Semoga kalian bisa baca bareng gue, dan gue juga bisa terus menyalurkan pikiran gue melalui blog kecil gue ini
            Semoga berkenan. Wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya

Mempertanyakan Yang Lewat di Depan mata

Lebih dari Membaca